Home » Apa itu Dropshipping? Pengertian & Cara Kerja Dropship

Apa itu Dropshipping? Pengertian & Cara Kerja Dropship

Penjelasan Dropship
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Menemukan ide bisnis bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih harus ditunjang dengan adanya modal yang cukup besar acap kali menjadi kendala bagi banyak orang. Tak sedikit dari mereka mengurungkan niatnya kembali untuk berbisnis.

    Namun, uniknya, di era digitalisasi yang relatif serba mudah ini ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya memulai bisnis tanpa modal.

    Skema bisnis yang terbilang cukup sederhana dengan implementasi pemanfaatan teknologi secara optimal serta tidak perlu mengeluarkan cuan sepeser pun adalah ciri khas utama dari bisnis dropshipping.

    Apa itu Dropship

    Dropship merupakan sebuah bisnis yang memiliki metode tidak harus menyimpan produk atau melakukan stok barang terlebih dahulu sebelum adanya pelanggan.

    Nah, selepas pelanggan berdatangan secara online, yang Anda lakukan adalah membeli produk dari pemasok pihak ketiga dan selepas itu mereka langsung mengirimkan barang tersebut ke alamat pelanggan.

    Terdapat perbedaan yang cukup kontradiksi antara dropship dengan model ritel. Di mana jika Anda seorang dropshipper maka Anda hanya berlaku sebagai perantara antara pemasok pihak ketiga dengan pelanggan yang tentunya Anda tidak harus memiliki stok barang.

    Sementara, model ritel standar memiliki metode bisnis yang harus menyiapkan stok barang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, biasanya yang menggunakan metode ini adalah toko grosir.

    Bilamana dilihat dalam hal ini, seorang dropshipper memiliki persentase yang kecil akan kerugian.

    Artikel Terkait:

    Bagaimana Cara Kerja Dropship

    Sebelum pada akhirnya Anda memutuskan diri untuk menjadi seorang dropshiper, mari kenali lebih dekat bagaimana cara kerja dropship secara mendalam.

    Dropshipping memang bisa dibilang sebagai bisnis yang memiliki skema cepat untuk memperkaya diri sendiri.

    Namun, pada kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan edukasi serta dedikasi yang maksimal untuk membangun sebuah bisnis yang nantinya bisa dikatakan sebagai startup yang meraup kesuksesan mendulang.

    Adapun cara kerja dropshipping adalah sebagai berikut:

    1. Menentukan produk

    Sebagai calon dropshipper sukses, pertama-tama yang harus Anda lakukan yakni menentukan produk yang nantinya akan dijual.

    Dalam memilih produk ini usahakan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu, sehingga produk yang akan Anda jual dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

    Artikel Terkait:

    2. Mencari pemasok pihak ketiga yang terpercaya

    Setelah menemukan produk seperti apa yang akan Anda jual, selanjutnya adalah mencari pemasok pihak ketiga yang memiliki produk berkualitas dan tingkat kredibilitas yang tinggi.

    Jangan salah, tidak semua pemasok pihak ketiga memiliki kredibilitas atau kepercayaan yang terjamin. Di mana hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kepercayaan orang lain terhadap Anda.

    Oleh karenanya, jangan hanya mengumpulkan satu nama pemasok, akan tetapi kumpulkan sebanyak-banyaknya diimbangi dengan rate harga paling minimal.

    3. Memasarkan produk

    Dalam tahap inilah tingkat kreativitas Anda diuji. Betapa tidak, memasarkan suatu produk bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk menggaet hati pelanggan.

    Sebab itu, maksimalkan media sosial yang Anda miliki untuk memasarkan produk yang dijual.

    Jika dirasa belum cukup maksimal, Anda bisa menunjangnya dengan memanfaatkan marketplace populer, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

    4. Dropshipper meneruskan pesanan ke pemasok

    Tanpa membuang waktu terlalu lama, Anda bisa langsung meneruskan pesanan produk ke pihak pemasok.

    Kirimkan data pesanan yang lengkap, mulai dari nama pemesan, produk yang dipesan, hingga alamat pemesan.

    5. Dropshipper atau pemasok mengirimkan barang ke pelanggan

    Sebenarnya dalam tahap ini Anda disuguhkan dengan dua opsi.

    Di mana opsi pertama Anda sebagai dropshipper bisa memilih untuk mengirimkan barang dari alamat Anda menuju alamat pelanggan atau opsi lainnya Anda mempersilakan pemasok untuk mengirimkan barang langsung ke alamat pelanggan.

    Pada dasarnya, kedua opsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hanya saja jika dilihat dari segi efektivitas biaya, sepertinya opsi terbaik yang bisa Anda pilih yakni mengirimkan barang langsung dari alamat pemasok ke pelanggan untuk memangkas biaya pengiriman.

    Kelebihan Dropshipping

    Kaya akan manfaat, begitulah sebutan yang tepat untuk bisnis dropshipping.

    Tak sedikit orang-orang yang meraup banyak keuntungan dari bisnis populer yang satu ini. Efektivitas serta jalur birokrasi dari pengimplementasian bisnis dropship ini terbilang sangat sederhana.

    Terlebih kemudahan yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus pergi ke kantor atau turun ke lapangan untuk mencari barang.

    Adapun untuk manfaat dari dropshipping ini adalah sebagai berikut:

    1. Modal awal yang dibutuhkan lebih sedikit

    Modal awal yang dimaksud di sini bisa jadi mencakup testimoni pertama Anda terhadap produk dari pihak pemasok. Di mana sebelum memilih pemasok terpercaya, Anda bisa melakukan pembelian terlebih dahulu terhadap produk mereka.

    2. Mudah untuk memulai

    Menjalan salah satu bisnis tren ini tidak mengharuskan Anda untuk berurusan dengan yang namanya produk fisik.

    Sebab Anda tidak perlu memikirkan bagaimana budget untuk membayar gudang, melecak inventaris untuk tata kelola akuntansi, pengirimin barang, dan hal-hal lainnya.

    Melainkan yang harus Anda lakukan adalah mencari pelanggan sebanyak-banyaknya. Setelah itu biarkan pihak pemasok yang mengatur step selanjutnya, salah satunya pengiriman barang.

    3. Tingkat overhead rendah

    Berbeda dengan bisnis lainnya yang terkadang memiliki tingkat overhead atau kerugian tinggi, dropshipping adalah sebuah bisnis dengan tingkat persentase overhead rendah.

    Bagaimana tidak, modal yang dikeluarkan pun memiliki nilai yang sangat kecil. Hal tersebut tentu sebanding dengan kerugian yang akan Anda dapatkan.

    4. Lokasi fleksibel

    Baik aktivitas keseharian Anda adalah rebahan, pelajar atau mahasiswa, dan ibu rumah tangga, semua itu tidak menjadi halangan bagi Anda.

    Karena untuk menjalankan bisnis yang satu ini Anda tidak terikat dengan apa pun, dalam artian sangat fleksibel.

    Kekurangaan Dropshipping

    Dalam setiap keuntungan bisnis, tentu ada saja kerugian di dalamnya. Begitu juga dengan bisnis dropshipping ini.

    Beberapa hal di bawah ini harus Anda pertimbangkan.

    1. Margin rendah

    Karena efektivitas bisnis yang sangat mudah untuk dimulai serta biaya overhead sangat minim, maka di pasaran tentu saja ada begitu banyak pesaing yang harus Anda kalahkan.

    Jika pada akhirnya Anda tidak menggaet banyak pelanggan untuk membeli produk Anda, kerugian yang satu ini terpaksa harus Anda telan mentah-mentah.

    2. Masalah inventaris

    Sebagaimana yang dijelaskan di atas bahwasanya seorang dropshipper hanya sebagai perantara, maka Anda tidak memiliki investaris terhadap produk tersebut.

    Karena produk itu sepenuhnya dimiliki oleh pemasok pihak ketiga.

    3. Kesalahan pemasok

    Kesalahan yang satu ini sepertinya sudah menjadi rahasia publik di industri bisnis transaksi secara online.

    Di mana selalu saja ada kesalahan pengiriman produk atau kualitas barang yang dipertanyakan.

    Nah, karena Anda tidak melakukan proses packing, melainkan diserahkan sepenuhnya kepada pemasok, maka hal ini sangat rawan terjadi. Pada akhirnya Anda harus siap kehilangan pelanggan karena kesalahan pemasok ini.

    Dropshipping untuk pemula: Pertanyaan yang sering diajukan

    Mari kita jawab beberapa pertanyaan umum tentang apa itu dropshipping dan bagaimana cara kerjanya.

    Berapa banyak modal yang harus saya keluarkan untuk memulai dropshipping?

    Meskipun dalam beberapa kasus dropshipping adalah bisnis tanpa modal, namun ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis dropshipping. Berikut ringkasan singkat tentang biaya untuk memulai bisnis dropshipping:

    Toko online

    Perkiraan biaya: Rp. 80.000/bulan

    Anda harus menentukan platform e-niaga atau membuat situs web untuk toko online Anda. Dengan website ecommerce Anda akan dapat dengan mudah menyinkronkan produk dropshipping sehingga Anda dapat menjalankan dan memasarkan bisnis dengan cepat.

    Nama domain

    Perkiraan biaya: mulai dari Rp. 15.000/tahun

    Sulit untuk membangun kepercayaan pelanggan tanpa domain bisnis Anda sendiri. Mesikupun ada sejumlah ekstensi domain yang sudah tersedia (misalnya, tokoanda.shop, tokoanda.co), tetapi saya merekomendasikan domain ekstensi .com untuk brand yang lebih general.

    Anda dapat menggunakan tools generator domain name untuk memulai menemukan nama domain yang tepat.

    Test order

    Perkiraan biaya: bervariasi

    Meskipun dropshipping menawarkan Anda bisnis mudah, dimana Anda tidak perlu terlibat secara intens dalam menangani proses bisnis. Anda tetap harus menyisihkan sedikit waktu dan biaya untuk melakukan uji coba produk yang akan dijual.

    Jika tidak, Anda berisiko memasarkan produk yang memiliki banyak kekurangan, dan mengakibatkan pelanggan tidak puas dan tentunya akan banyak waktu yang Anda habiskan untuk melakukan pengembalian barang.

    Iklan dan iklan

    Perkiraan biaya: bervariasi, tetapi saya merkomendasikan beriklan dengan budget Rp.500.00 untuk mengetahui kondisi pasar.

    Setiap bisnis online harus mencari cara untuk memasarkan produk mereka dan mendatangkan pelanggan, Anda dapat menggunakan strategi Digital Marketing seperti: konten marketing, SEO, atau bahkan menggunakan cara tradisional seperti rekomendasi produk dari orang ke orang.

    Tetapi untuk memulai, online advertising merupakan channel penting bagi sebagagian bisnis berbasis produk. Channel pemasaran yang paling umum termasuk Search Engine Marketing, Display Ads dan Iklan Sosial Media adalah cara terbaik untuk memulai.

    Apakah dropshipping menguntungkan pada tahun 2022?

    Di tahun 2022 yang digadang-gadang sebagai tahun kegemilangan kemajuan era digitilasasi, menjadikan dropshipping sebagai salah satu bisnis tren saat ini.

    Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan sebagaimana penjelasan di atas. Namun, perlu diketahui bahwa dropshipping ini bukanlah satu-satunya cara yang sempurna dan bebas tanggungan untuk membuat Anda lebih cepat meraup keuntungan.

    Melainkan Anda pun tetap harus bekerja keras dan memiliki strategi marketing andalan agar bisa bersaing dengan pemilik bisnis yang lainnya. Jadi, jika dibilang menguntungkan, ya, tentu saja sangat menguntungkan.

    Namun, hal tersebut berbanding lurus dengan tingkat kerugian yang Anda dapatkan. Demikianlah sederet penjelasan perihal apa itu dropshipping, bagaimana cara kerjanya, manfaat, serta kerugiannya.

    Anda bisa mempertibangkan dari berbagai sisi sebelum pada akhirnya Anda menjalankan bisnis ini.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    Artikel Terbaru

    Cara Memulai Bisnis Online

    7 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan untuk Pemula

    Kesuksesan tidak pernah mengecualikan siapapun, ia akan menghampiri orang-orang yang senantiasa ingin berusaha. Begitu pula dengan Anda jika ingin memulai bisnis dari nol dan meraup kesuksesan yang Anda inginkan. Namun, sayangnya, cara memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah, tetapi bukan juga perkara yang sangat susah. Anda bisa mencobanya dengan mengikuti

    BACA SELENGKAPNYA »
    Cara Menghasilkan 500 Ribu Dalam Sehari

    Cara Dapat Uang 500 Ribu Dalam Sehari Tahun 2022 Terbukti!

    Ingin tahu cara dapat uang 500ribu dalam sehari? Mungkin bagi sebagian banyak orang yang belum pernah mencoba salah satu cara yang akan kita bahas kali ini akan merasa heran. Dan, memang terdengar sangat mustahil apalagi bagi pemula yang ingin mencari uang dalam sehari, bukan? Padahal, rekomendasi cara mendapatkan uang yang

    BACA SELENGKAPNYA »
    Ide Bisnis Modal Kecil Menjanjikan

    10 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Berlipat untuk Pemula di 2022

    Mendapatkan peluang usaha modal kecil pasti impian banyak orang, bukan? Termasuk Anda yang membaca postingan ini. Walaupun ada banyak sekali ide bisnis modal kecil yang bisa Anda coba. Mungkin masih banyak yang belum tahu apa saja peluang usaha menjanjikan dengan modal tersebut. Untuk itu, mari simak rekomendasi peluang usaha modal

    BACA SELENGKAPNYA »
    Meningkatkan Omset Penjualan

    Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Tahun 2022 (Terbukti)

    Sejak COVID-19 melanda transaksi jual beli online mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Banyak pihak yang beranggapan bahwa langkah sukses bagi pengusaha untuk tetap eksis dan mengembangkan bisnis adalah dengan memanfaatkan internet. Hal ini menuntut setiap pengusaha untuk memiliki strategi digital marketing yang inovatif, kreatif, dan update dengan trend yang ada.

    BACA SELENGKAPNYA »
    Ide Produk Jualan Online

    13 Produk Jualan Online Paling Laris Tahun 2022 (Dijamin Untung!)

    Ketahuilah barang yang lagi trend di 2022 ini tergolong sangat banyak. Mulai dari kebutuhan barang untuk anak usia dini hingga lanjut usia. Pasalnya, dari meningkatnya banyak kebutuhan barang orang-orang, tentu saja ada kesempatan untuk Anda berbisnis di dalamnya. Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah apa jualan online paling laku saat ini?

    BACA SELENGKAPNYA »
    Memulai Bisnis Kuliner

    9 Cara Memulai Bisnis Kuliner Menjanjikan Dengan Modal Kecil (2022)

    Di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat nan pelik, bisnis kuliner adalah salah satu peluang usaha yang keberadaannya paling menjanjikan saat ini. Pasalnya, berbicara perihal kuliner itu artinya berbicara tentang kebutuhan primer banyak orang. Mayoritas masyarakat pasti ingin mencicipi kuliner yang memiliki cita rasa nikmat dan menggugah selera. Nah, hal

    BACA SELENGKAPNYA »