Home » Panduan Lengkap Cara Membuat Website dengan Mudah untuk Pemula (2022)

Panduan Lengkap Cara Membuat Website dengan Mudah untuk Pemula (2022)

Tutorial Membuat Website Lengkap
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara instan, salah satunya membuat website. Tahukah Anda bahwa cara membuat website yang baik dan benar tidak semanis meminum teh hangat di pagi hari?

    Terlebih membangun performa yang berkualitas terhadap sebuah website adalah salah satu hal yang cukup krusial. Maka dari itu, tidak sedikit para blogger yang gugur di tengah jalan sesaat setelah memulai perjuangannya di dunia blog.

    Namun—meskipun begitu, sebagaimana yang disampaikan oleh para motivator “Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha”, sama hal nya dengan Anda yang ingin terjun di dunia blog.

    Berikut beberapa langkah cukup mudah di bawah ini sebagai panduan lengkap bagaimana cara membuat website yang baik.

    Langkah 1. Tentukan Platform yang Akan Digunakan

    Perlu Anda ketahui sebelum membuat website, ada satu hal yang pantang dilupakan yakni platform apa yang akan Anda gunakan. Dengan memilih platform yang sejalan dengan tujuan Anda, maka target yang ingin Anda capai memiliki potensi besar untuk terwujudkan.

    Misal, Anda ingin membuat website tanpa perlu pengetahuan coding, maka jawabannya adalah WordPress. Anda tidak perlu repot menggunakan code HTML, PHP, atau CSS untuk membangun performa website terbaik.

    Tak terlepas dari itu—tidak hanya WordPress, Anda juga bisa menggunakan platform lainnya yang tak kalah menarik seperti Joomla!, Typo3, Dotclear, Serendepity, Drupal, ImpressPages dan lain-lain.

    Artikel Terkait:

    Langkah 2. Registrasi Nama Domain

    Untuk membuat website berkualitas, Anda membutuhkan nama domain dengan tujuan sebagai alamat dari website yang dimiliki. Di mana domain berfungsi untuk memudahkan orang lain saat hendak mengakses website di browser.

    Semisal, Anda memiliki usaha donat madu, Anda bisa membuat alamat website dengan nama domain www.donatmadu.com. Untuk memilih nama domain selain berakhir dengan .com, Anda juga bisa memilih ekstensi domain lainnya seperti .co,id, .Net, .info, .online, .web.id, .site, .website, dan .xyz.

    Adapun beberapa cara mudah untuk melakukan regsitrasi domain adalah sebagai berikut:

    1. Memilih provider
    2. Melakukan pengecekan domain
    3. Menentukan nameserver & ID protection
    4. Menentukan alamat kontak domain

    Langkah 3. Tentukan Layanan Hosting

    Selain domain, Anda juga harus menentukan layanan hosting yang akan digunakan. Pasalnya, hosting berfungsi untuk menyimpan semua file website sehingga nantinya bisa diakses secara online.

    Semua file website tersebut diantaranya teks, plugin, tema, kode HTML, media, hingga draft konten yang tersimpan di hosting. Hosting berfungsi untuk menyimpan semua file website sehingga dapat diakses secara online.

    Semua file seperti tema, plugin, teks, media, kode HTML, hingga draft konten tersimpan di hosting. Di antara VPS, shared hosting, dan cloud hosting, Anda bisa memilih salah satu yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Namun, jika dibandingkan dari segi biaya, shared hosting merupakan rekomendasi layanan hosting termurah dibanding yang lainnya.

    Artikel Terkait:

    Langkah 4. Persiapkan Konten

    Ibarat kopi yang tanpa gula—rasanya akan terasa hambar. Begitu juga website yang tanpa konten menarik, rasanya performa terbaik tidak akan Anda dapatkan. Sebab kualitas suatu website dilihat dari bagaimana kemasan kontennya.

    Sebab itu, coba deh untuk mempersiapkan konten website semenarik mungkin dengan kemasan artikel ciamik dan desain gambar unik. Namun, jika Anda bingung membuat konten menarik itu seperti apa, berikut di bawah ini langkah-langkah yang bisa Anda coba.

    1. Buatlah konten yang orisinil

    Untuk membangun branding berkualitas pada website yang Anda miliki, buatlah konten yang orisinil melalui artikel-artikel asli buatan sendiri. Usahakan jangan meng-copy dari artikel orang lain, karena hal ini pun akan berpegaruh pada rank website di pencarian Google.

    2. Fokus ciptakan headline yang kuat

    Pernahkah Anda mendengar yang namanya click bait? Ya, sebuah judul yang sengaja dibuat semenarik mungkin untuk menarik banyak peminat.

    Hal ini pun bisa Anda lakukan untuk menarik pengunjung pada website. Namun, jangan lupa, headline yang kuat adalah headline yang sesuai dengan isi artikel yang dibuat.

    3. Bisa memberikan jawaban

    Selain itu, buatlah suatu konten yang dapat memberikan jawaban terhadap banyak orang. Misal, Anda membuat artikel dengan mengusung isu yang sedang hangat-hangatnya.

    Percaya atau tidak, akan ada banyak orang yang berkunjung pada website jika mereka menemukan apa yang sedang dicarinya melalui artikel yang Anda buat.

    4. Akurat dalam melaporkan dan mengambil informasi

    Tidak hanya bisa memberikan jawaban saja, akan tetapi buatlah konten artikel yang mengandung informasi jelas dan akurat. Jangan sampai artikel yang Anda buat memiliki kecacatan informasi, sehingga orang lain merasa enggan untuk berkunjung kembali.

    5. Ciptakanlah engaging content

    Yang namanya engaging dalam sebuah konten adalah suatu hal yang sangat wajib. Sebab engaging content menyuguhkan sesuatu yang baru, pengetahuan, persfektif baru, menginspirasi, hingga menghibur pengunjung.

    6. Tulis konten pendek dan meruncing

    Setelah menciptakan engaging content yang bagus, buatlah konten yang pendek dan meruncing. Dalam artian, tulislah artikel yang langsung menuju pada intinya. Jauhi redaksi kata-kata yang bertele-tele.

    7.Selalu update website

    Update website merupakan sesuatu yang harus diperhatikan. Pasalnya, jika Anda tidak melakukan update terhadap website yang Anda miliki, maka kemungkinan pengunjung akan merasa bosan dengan kualitas konten artikel yang itu-itu saja.

    Langkah 5. Bangun Website yang Kredibilitas

    Sebagai seorang blogger yang memiliki tekad tinggi untuk terjun di dunia blog, Anda harus berorientasi untuk membangun sebuah website yang memiliki kualitas dan kredibilitas.

    Karena dengan kedua hal itu mampu mendongkrak performa pengunjung secara organik. Adapun beberapa cara yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

    1. Memastikan tujuan pembuatan website

    Ibarat seperti menjalin sebuah hubungan yang memiliki tujuan ke depannya, begitu juga dengan membangun website yang tentunya harus memiliki sebuah tujuan.

    Akan mengusung genre konten artikel seperti apa yang Anda suguhkan? Hal tersebut dapat membuat Anda lebih mudah mencapai target.

    Beberapa pertanyaan di bawah ini sepertinya perlu Anda pertimbangkan lebih lanjut.

    • Apa tujuan Anda membuat website?
    • Apakah web tersebut menjual atau hanya sekadar company profile?
    • Apakah Anda memiliki katalog produk?
    • Siapa saja target pasar Anda?
    • Siapa saja kompetitor Anda?

    2. Tentukan biaya website

    Tidak hanya menentukan layanan domain dan hosting, Anda juga harus menentukan biaya terhadap web design. Dengan performa desaign yang menarik secara otomatis menjadi nilai jual agar pengunjung semakin bertambah banyak.

    Tips dalam Membuat Website

    Sebelum memutuskan diri untuk membuat website yang kamu inginkan, beberapa tips dalam membuat website di bawah ini wajib banget kamu coba.

    1. Fokus pada kecepatan website

    Berbicara website erat kaitannya dengan yang namanya halaman speedy. Di mana pada elemen ini pengunjung akan menilai kualitas melalui kecepatan dan loading website yang kamu miliki. Semakin sedikit rentang waktu speedy semakin bagus juga kualitas website.

    2. Navigasi yang menarik dan tertata

    Navigasi dalam situs web merupakan salah satu hal yang membuat pembaca akan merasa betah di dalamnya. Perlu diketahui, halaman web yang panjang bisa mendapatkan keuntungan dari adanya tabel isi menggunakan anchor link yang bertujuan untuk membantu pembaca mendapatkan infromasi yang diinginkan. Oleh karenanya, bangunlah navigasi yang menarik.

    3. Periksa ejaan dan tata bahasa.

    Banyak blogger yang terkadang melewatkan satu hal penting ini, ya, penggunaan ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa artikel yang memiliki EyD sesuai KBBI memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibanding artikel yang menggunakan tata bahasa sembarangan.

    4. Masukan informasi kontak pada halaman website

    Tips selanjutnya adalah memasukkan informasi kontak pada halaman website. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengunjung menghubungimu. Siapa tahu ada orang lain atau perusahaan yang ingin bekerja sama denganmu berkat kualitas website yang kamu bangun secara ciamik.

    Demikianlah sederet penjelasan mengenai panduan lengkap membuat website yang baik dan menarik dengan cara yang mudah.

    Pada dasarnya, jika kamu sudah mengerti bagaimana tata caranya, maka semuanya akan terasa lebih mudah, salah satunya dalam pembuatan website ini. Selamat mencoba dan mengukir sejarah kesuksesan melalui dunia web.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    Artikel Terbaru