31 Cara Menentukan Ide dan Melihat Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Menentukan Ide Bisnis

Apakah Anda ingin memulai bisnis yang menguntungkan namun tidak tahu bagaimana cara menentukan bisnis yang kreatif dan inovatif? Jika iya, mari simak berikut ini 30 cara menentukan ide bisnis yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Bagi pelaku usaha, masalah pendanaan mungkin bukan satu-satunya tantangan bagi mereka dalam membangun bisnis. Karena Banyak orang memiliki uang tetapi mereka tidak tahu persis bagaimana cara menginvestasikannya.

Agar bisnis yang Anda tentukan tetap relevan, Anda perlu inovatif. Sebab dunia bisnis bergerak dengan cepat, dan untuk mengikutinya, Anda perlu terus-menerus menghasilkan ide-ide yang inovatif dan kreatif.

Namun bagi sebagian orang, menentukan ide-ide baru untuk memulai bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Lantas, bagaimana caranya? Simak di bawah ini penjelasannya

Berikut 30 Cara Menentukan Ide Bisnis

Nah, jika Anda butuh inspirasi untuk menentukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif, Anda harus tahu caranya. Oleh karena itu, simak berikut ini 30 cara menentukan ide bisnis yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Dari Pengalaman Bisnis Sebelumnya

Seorang pelaku usaha dapat memanfaatkan pengalaman kerjanya untuk mendapatkan ide-ide baru. Misalnya, saat mengerjakan suatu produk, Anda dapat menemukan cara untuk membuat proses produksi menjadi lebih mudah, lebih cepat, atau lebih efisien.

Dalam hal ini, Anda mampu memanfaatkan pengalaman usaha yang Anda miliki untuk menghasilkan sesuatu yang baru, kreatif, dan tentunya inovatif.

2. Brainstorming

Brainstorming adalah kegiatan kelompok di mana anggota kelompok menyumbangkan ide-ide mereka bersama-sama tentang topik tertentu. Dengan berkumpul, ide bisa dihasilkan dengan mudah.

Misalnya, seseorang memiliki ide yang belum matang atau masih 50 persen, kemudian seseorang lainnya mampu menyumbangkan 50 persen ide sehingga ide tersebut menjadi sempurna 100 persen.

Brainstorming ini bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan ide bisnis yang segar, kreatif, dan inovatif. Adapun tempat yang tepat untuk melakukan brainstorming yakni tempat konduktif yang bebas dari kebisingan atau segala bentuk gangguan.

Namun, sebelum melakukan brainstorming, pastikan Anda sudah memiliki gambaran dan keputusan mengenai apa yang ingin Anda capai dan Anda inginkan dari ide bisnis tersebut.

3. Pertimbangkan Hobi Anda

Hobi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang di waktu luangnya. Tahukah Anda? Rupanya hobi yang Anda miliki tersebut bukan hanya untuk kesenangan, tapi juga bisa menjadikan hobi tersebut sebagai sumber ide yang bisa diuangkan.

Misalnya, seorang wanita yang suka membuat kue. Si wanita tersebut bisa menjadikan hobi membuat kue untuk dijadikan ladang bisnis dengan membuka toko kue atau roti.

Dengan catatan, harus memahami teknik penjualan agar bisnis dapat berkembang dengan baik. Namun, tak ada salahnya mencoba dulu membangun bisnis yang berawal dari hobi.

4. Mengidentifikasi dan Memecahkan Masalah

Inti dari memulai bisnis adalah menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat. Jadi, Anda dapat menentukan ide produk baru untuk bisnis Anda dengan cara mengidentifikasi masalah yang sudah ada dan menawarkan solusi untuk mereka.

Contohnya, perusahaan manufaktur Smartphone melihat kebutuhan akan alat komunikasi portabel untuk memperbaiki kehidupan masyarakat, sehingga muncul produk Smartphone.

Contoh lainnya, dalam upaya menciptakan alat transportasi yang lebih cepat dan lebih baik untuk masyarakat, diciptakan mobil, sepeda motor, dan pesawat terbang.

Anda pun bisa mencoba melakukan hal tersebut saat ingin memulai bisnis. Jadi, Anda bisa mengidentifikasi terlebih dulu keresahan atau masalah yang ada di tengah masyarakat, kemudian Anda coba berikan solusinya dengan produk bisnis yang Anda kembangkan.

5. Melakukan Survei Pasar

Cara menentukan ide bisnis bisa dilakukan dengan survei atau meminta pendapat dari orang-orang yang berbeda. Survei dapat dilakukan secara online maupun offline. Anda dapat melakukan survei pada klien atau pelanggan Anda atau bisa juga pada orang-orang secara acak.

Setelah Anda mendapatkan umpan balik tentang survei yang Anda lakukan, Anda akan mendapatkan ide dan mengubahnya menjadi strategi bisnis yang lebih baik. Dengan analisis survei pasar yang cermat, maka dapat memberikan ide bisnis yang hebat.

6. Pendidikan

Cara menentukan ide bisnis berikutnya yaitu bisa diperoleh dari pendidikan. Ya, ide bisnis dapat diperoleh dari pendidikan formal maupun informal. Pendidikan yang diperoleh menjadi bekal untuk mendapatkan keahlian dan pengetahuan yang lebih luas.

Dengan pengetahuan dan wawasan yang luas, maka akan lebih mudah untuk menentukan ide-ide bisnis yang segar, kreatif, dan inovatif.

7. Kemampuan Memecahkan Masalah

Masalah atau keresahan individu di masa lalu dapat menjadi sumber inspirasi untuk menentukan sebuah bisnis. Jika Anda menemukan solusi untuk masalah tersebut, mengapa tidak mengkomersialkannya dan mengambil untung dari hal tersebut?

Misalnya, ada seorang pengembang yang membutuhkan website untuk mempromosikan bisnisnya, jika Anda memiliki kemampuan IT dan pemrograman, mengapa tidak mencoba membangun bisnis jasa pembuatan website? Bukankah ini bisa jadi ide bisnis yang menjanjikan?

8. Peristiwa Terkini di Dunia

Peristiwa yang terjadi di dunia bisa menjadi sumber ide bisnis yang bagus. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap up to date tentang berita terkini atau trending topik dunia. Hal ini akan membantu Anda untuk tahu tentang hal-hal yang diinginkan orang-orang.

9. Melihat Bakat Diri Sendiri

Jika Anda mempunyai bakat atau keterampilan alami yang menonjol, Anda dapat memanfaatkannya menjadi ladang bisnis. Bisnis yang diawali dari bakat alami biasanya peluang keberhasilannya lebih besar.

Sebagai contoh Walt Disney,  Beliau merupakan seniman yang sangat berbakat. Bahkan, Beliau mampu menjual lukisan pertamanya di usia yang sangat muda. Dari bakat melukisnya, Beliau pun kini berhasil mendirikan perusahaannya sendiri dan sukses merilis Mickey Mouse tahun 1928 silam.

10. Menemui Seseorang yang Berbakat

Jika Anda tertarik untuk memulai sebuah perusahaan, Anda dapat mencoba untuk bertemu seseorang yang berbakat dan memulai berdiskusi tentang bisnis dengan dia. Biasanya, berdiskusi dengan orang-orang yang berpikiran sama mampu menghasilkan ide bisnis baru yang inovatif.

Sebagai contoh, Jerry dan David Filo bertemu ketika mereka berada di Stamford University. Karena mereka memiliki pemikiran yang sama, mereka akhirnya dapat membuat Yahoo.

11. Melihat Produk yang Sudah Ada

Produk yang sudah diproduksi oleh orang lain dan dipasarkan bisa menjadi sumber ide bisnis bagi pelaku usaha lainnya. Anda hanya perlu berkreasi lagi dengan produk yang sudah ada tersebut agar terlihat lebih unik. Selain itu, Anda juga dapat menggabungkan dua produk, layanan, atau ide untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan unik.

12. Fokus Pada Kemampuan Diri Sendiri

Meluangkan waktu untuk menemukan dan menganalisis kemampuan Anda juga bisa jadi salah satu cara menentukan ide bisnis. Dengan terus fokus pada kemampuan Anda, maka kemampuan Anda dalam membangun bisnis lama-lama akan meningkat.

Misalnya, jika Anda memiliki kemampuan di bidang promosi atau marketing, Anda dapat terus mengasah kemampuan yang Anda miliki tersebut untuk menentukan ide dan memulai bisnis.

13. Menemukan Celah di Pasar

Ide untuk menentukan bisnis bisa didapatkan dari kemampuan melihat celah di pasar bisnis. Celah ini merupakan area penting dalam dunia bisnis yang belum terisi.

Misalnya, ada perusahan yang membangun jasa membuat website, tapi perusahaan tersebut tidak menyediakan layanan membuat konten. Itu menjadi celah yang bisa Anda isi untuk dijadikan ide bisnis. Jadi, jika Anda memiliki kemampuan jasa membuat konten, Anda bisa mengisi celah tersebut dengan memulai bisnis jasa membuat konten.

14. Media

Membaca koran, majalah, dan publikasi terkait bisnis lainnya dapat juga membantu seseorang menghasilkan ide bisnis yang unik dan inovatif. Bukan hanya itu, diskusi di radio dan televisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan bisnis juga dapat menghasilkan ide-ide bisnis yang baru dan segar. Jadi, pastikan untuk selalu memantau media.

15. Peluang Waralaba

Waralaba adalah bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh individu tetapi menggunakan merek perusahaan yang lebih populer. Anda bisa mendapatkan ide bisnis dari sebuah franchise,  yang mana Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan yang tidak ada di negara Anda dan menjadi pelopor distributor untuk negara Anda.

16. Pertunjukan dan Pameran

Mengunjungi berbagai pertunjukan dan pameran secara teratur bisa juga menjadi cara menentukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Dengan melihat apa yang dilakukan oleh orang lain yang hadir di pameran, Anda dapat menemukan ide untuk membuat produk serupa yang lebih unik dan kreatif.

17. Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan pelanggan juga bisa menjadi sumber ide bisnis. Ide tersebut tentunya berkaitan dengan hal-hal yang dapat menyenangkan dan memuaskan pelanggan/klien.

Misalnya, pelanggan meminta selai coklat pada perusahaan coklat, kebutuhan pelanggan tersebut bisa menjadi ide bagi perusahaan untuk memproduksinya sehingga dapat memuaskan keinginan pelanggannya.

18. Berbaur dengan Orang Lain

Cara menetukan ide bisnis berikutnya yaitu dengan berbaur bersama orang lain. Perlu diketahui bahwa kesempatan biasanya akan berpihak pada mereka yang pikirannya saling terhubung. Oleh karena itu, sering-seringlah berbaur dan mendengarkan apa yang orang lain katakan, karena itu bisa menjadi sebuah ide bisnis.

Cara ini dianggap ampuh untuk memudahkan Anda menemukan ide bisnis, terlebih lagi jika Anda berbaur dan bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki kecerdasan tinggi atau ketajaman bisnis yang tinggi. Itu akan lebih memudahkan Anda untuk menemukan ide bisnis yang cemerlang.

19. Keluhan dan Frustrasi Pelanggan

Keluhan dan frustasi pelanggan bisa juga jadi ide bisnis yang cemerlang. Kok bisa? Sebab, dengan adanya keluhan dari pelanggan/klien, hal itu akan membantu Anda untuk memperbarui atau memproduksi produk baru sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan/klien.

20. Memiliki Ketertarikan pada Berbagai Hal

Memiliki ketertarikan pada berbagai hal juga bisa menjadi sumber ide bisnis. Semakin banyak pengalaman, minat, dan aktivitas yang Anda lakukan, maka semakin luas lingkup pengetahuan Anda. Dengan pengetahuan dan wawasan yang luas, hal itu akan membantu Anda menciptakan ide baru atau menyempurnakan ide bisnis yang sudah ada.

21. Saluran Distribusi

Orang-orang di jalur distribusi pastinya memiliki pengetahuan atau wawasan yang lebih baik tentang kebutuhan atau kekurangan pasar. Itu artinya, mereka dapat menjadi sumber ide-ide baru yang baik. Anda bisa berdiskusi dengan mereka berbagai hal tentang bisnis.

22. Periksa Tren

Tren bisa menjadi penentu untuk memulai atau membangun berbagai bisnis. Itulah sebabnya, wirausahawan yang cerdas biasanya melihat tren sebelum memulai bisnis. Anda pun bisa mengikuti cara demikian saat akan menentukan atau memulai bisnis.

Misalnya, Anda memikirkan akan memulai bisnis es cendol di daerah yang memiliki suhu dingin. Bisnis tersebut tentunya kurang tepat karena di daerah yang memiliki suhu dingin akan lebih memilih minuman atau makanan hangat. Oleh karena itu, pastikan Anda rajin melihat tren terkini jika ingin memulai bisnis.

23. Berselancar di Internet

Salah satu cara terbaik untuk menentukan ide-ide baru untuk bisnis yaitu melalui internet. Anda bisa berselancar di Google, sosial media, Youtube untuk menemukan banyak hal yang berpotensi menjadi sumber ide bisnis.

Anda dapat meluangkan waktu, setidaknya satu atau dua jam dalam seminggu untuk berselancar di internet. Sudah menjadi rahasia umum bahwa internet menjadi alat terbaik untuk menghasilkan ide-ide brilian. Internet menjadi tempat yang menarik untuk melakukan banyak hal, termasuk dalam menentukan ide bisnis.

24. Meditasi

Seni meditasi kuno membantu menjernihkan dan menghilangkan stres. Stres memang sering menjadi sumber utama seseorang menjadi tidak fokus dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika sudah tidak fokus, maka akan sulit untuk produktif, apalagi menentukan ide bisnis.

Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk melakukan meditas berguna agar pikiran menjadi fokus. Dengan pikiran yang fokus akan memudahkan Anda untuk membuat rencana masa depan, memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru.

25. Mengkombinasikan Ide

Cara menentukan ide bisnis yang baru dan unik yaitu bisa dengan mengkombinasikan dua ide untuk menjadi sebuah ide yang unik dan out of the box. Untuk mewujudkan hal itu, Anda perlu memahami serta menilai kelebihan dan kekurangan produk si kompetitor.

Dengan informasi-informasi yang Anda peroleh tersebut, maka Anda bisa mengkombinasikan dan menciptakan ide bisnis baru yang lebih inovatif sekaligus kreatif serta kompetitif.

26. Latihan

Pergi ke gym atau arena olahraga, seperti melompat-lompat, berjalan-jalan, dan jenis olahraga lainnya mampu menggerakkan lebih banyak darah dan endorfin ke otak dan ke seluruh tubuh. Dengan latihan fisik, memungkinkan Anda untuk lebih waspada dan memungkinkan ide-ide datang lebih mudah.

27. Mendengarkan Musik

Apakah Anda lebih suka musik klasik, blues, pop, atau rap? Rupanya musik juga bisa menjadi sumber inspirasi untuk menentukan ide bisnis. Musik dipercaya dapat membantu membangkitkan kreativitas. Dengan mendengarkan musik yang Anda sukai, maka dapat membantu Anda menemukan ide-ide baru dan kreatif.

28. Menggunakan Google

Ketika Anda membutuhkan ide untuk konsep tertentu, Anda dapat memasukkan beberapa kata kunci dari konsep tersebut di kolom pencarian Google. Nantinya secara otomatis Google akan mengeluarkan beberapa prediksi atau informasi yang Anda cari.

Prediksi atau informasi yang dikeluarkan oleh Google hanya sebatas untuk memberi Anda pencerahan mengenai ide bisnis yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda perlu menelusuri beberapa hasil pencarian agar Anda mendapatkan banyak inspirasi untuk ide bisnis Anda.

29. Banyak Membaca

Bagi yang suka membaca seperti membaca buku, majalah, jurnal, artikel, novel, halaman web, dan lainnya, bisa menguntungkan Anda dalam menentukan berbagai ide bisnis yang inovatif. Maka berlajarlah menjadi seorang kutubuku atau pembaca rakus apapun genre bacaannya.

Semakin banyak Anda membaca, maka semakin banyak pula wawasan dan pengetahuan yang akan Anda ketahui. Dan semakin banyak Anda tahu, maka semakin otak Anda terasah dalam membuat koneksi yang mampu menghasilkan ide-ide baru.

30. Melakukan Perjalanan

Ide bisnis juga bisa ditemukan dengan melakukan perjalanan. Bahkan, sebagian besar pelaku usaha mendapatkan ide bisnis setelah melakukan perjalanan. Anda bisa memilih perjalanan darat agar dapat melihat pemandangan sekitar dengan jelas.

Melakukan perjalanan atau berlibur juga berguna untuk menjernikah pikiran dan membuat otak menjadi lebih fokus. Jika sudah fokus, maka akan lebih mudah menemukan berbagai ide menarik nan unik.

31. Berkonsultasi dengan Pakar

Cara menentukan ide bisnis yang juga bisa Anda lalukan yaitu dengan berkonsultasi dengan pakar atau ahli bisnis. Pakar yang Anda ajak konsultasi akan membantu memberikan pencerahan pada Anda mengenai berbagai ide bisnis.

Apakah efektif bertanya kepada pakar bisnis? Tentu saja efektif, sebab mereka adalah ahli bisnis yang menguasai berbagai hal tentang bisnis. Anda dapat bertanya apa saja yang Anda resahkan tentang dunia bisnis pada mereka. Sehingga Anda pun akan lebih mudah menemukan ide bisnis yang segar dan sesuai fashion Anda.

Nah, itulah 30 cara menentukan ide bisnis yang bisa Anda jadikan inspirasi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis, berapapun usia Anda, mari bergerak untuk memulai dan membangun bisnis.

Evo Syah

Evo Syah

Leave a Replay

Tentang

Loves to surfing on Internet, with hobby in solve error, be #1, focuses on exploring and finding end of internet.

Tentang

Loves to surfing on Internet, with hobby in solve error, be #1, focuses on exploring and finding end of internet.

Dapatkan Notifikasi Informasi Terbaru