Home » 10 Tren Strategi Digital Marketing Tahun 2022 (Bonus Tips Lengkap)

10 Tren Strategi Digital Marketing Tahun 2022 (Bonus Tips Lengkap)

Panduan Lengkap Digital Marketing
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Artikel Ini Diperbarui Pada 20 April 2022

    Kemajuan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan begitu cepat di berbagai sektor, tak terkecuali dalam aspek pemasaran atau marketing. Teknik dan strategi marketing pun tentu saja semakin diperbarui seiring dengan perkembangan zaman.

    Bahkan, tidak sedikit startup saat ini telah mengadopsi strategi digital marketing yang baru. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari tujuan agar strategi pemasaran dapat tepat sasaran dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.

    Berbicara tentang digital marketing, tahukah Anda apa saja strategi digital marketing terbaik tahun 2022 ini yang nantinya mampu menggaet hati banyak konsumen untuk melirik dan membeli produk Anda? Berikut penjelasannya di bawah ini.

    Penjelasan Marketing

    Apa itu Marketing?

    Marketing merupakan suatu proses mengenalkan produk atau jasa dengan tujuan agar diketahui oleh masyarakat luas.

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan dari marketing ini yakni tidak hanya proses pemasarannya saja, akan tetapi pembuatan strategi hingga apa yang dirasakan oleh konsumen adalah sesuatu yang pantang dilewatkan.

    Penjelasan Digital Marketing

    Apa itu Digital Marketing?

    Sedikit berbeda dengan marketing, digital marketing adalah suatu usaha untuk mengenalkan sebuah merek produk atau jasa dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara lebih luas.

    Selain itu, digital marketing juga merupakan sesuatu yang perlu diimplementasikan secara baik dan tertata oleh setiap bisnis—baik startup maupun perusahaan. Strategi digital marketing memiliki beberapa tujuan umum:

    1. Brand awareness
    2. Menjangkau audiens
    3. Menghasilkan lebih banyak lagi leads
    4. Meningkatkan konversi
    5. Melakukan interaksi
    6. Menambah penjualan

    Artikel Terkait:

    Manfaat Strategi Digital Marketing

    Tidak bisa dipungkiri keberadaan strategi digital marketing yang semakin diperbarui membawa banyak manfaat bagi industri bisnis. Salah satu manfaatnya yakni agar dapat menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa harus terbatas letak geografis.

    Di samping itu, sebagai seorang pebisnis Anda juga bisa menentukan sasaran costumer seperti apa yang hendak Anda bidik sebagai target promosi—baik dari segi usia, lokasi, profesi, hobi, dan hal-hal lainnya.

    10 Strategi Digital Marketing Terbaik

    Strategi Digital Marketing Terbaik

    Pada dasarnya, ada banyak strategi digital marketing yang bisa Anda lakukan. Namun, di era digitalisasi yang semakin maju ini ada beberapa strategi digital marketing terbaik paling populer yang tengah orang lain lakukan juga.

    Hal ini tentu saja menuntut Anda agar bisa bersaing dengan strategi yang mereka lakukan. Sebab jika Anda hanya menggunakan strategi yang biasa-biasa saja maka lambat laun bisnis yang Anda jalankan dapat tenggelam atau tersingkirkan.

    Oleh karenanya, berikut di bawah ini beberapa strategi terbaik untuk Anda yang tengah belajar digital marketing demi kemajuan bisnis Anda.

    1. Affiliate Marketing

    Penerapan Strategi Affiliate Marketing

    Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan affiliate marketing yang saat ini tengah digaung-gaungkan oleh banyak orang?

    Pasalnya, kemajuan era digital membuat khalayak ramai memanfaatkan berbagai media sosial yang dimilikinya. Terlebih jika followers atau subscriber yang mereka miliki tidak sedikit.

    Nah, contoh strategi digital marketing terbaik ini bisa juga Anda coba untuk memperluas target pemasaran sehingga persentase penjualan dapat semakin meningkat. Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang perlu Anda perhatikan.

    Apa Tujuan Affiliate Marketing?

    Sebagai salah satu trend strategi pemasaran digital yang saat ini tengah hangat diperbincangkan, affiliate marketing memiliki tujuan utama yakni untuk memasarkan sebuah produk atau jasa dengan harapan agar persentase penjualan kian meningkat serta target pasar yang semakin meluas.

    Mengapa Menggunakan Affiliate Marketing?

    The power of kode referral memang bisa dibilang cukup ampuh untuk memasarkan sebuah produk atau jasa, Namun tahukah Anda ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus menggunakan model bisnis affiliate marketing untuk mencapai target yang diinginkan? Berikut di bawah ini penjelasannya.

    1. Modal kecil

    Berbicara perihal biaya memang merupakan salah satu hal yang patut dipertimbangkan, terlebih jika Anda baru terjun di industri bisnis.

    Ketahuilah, pada saat menerapkan strategi affiliate marketing tentu saja Anda hanya cukup menyiapkan modal yang kecil, karena yang dibutuhkan jauh lebih sederhana dibanding mempromosikan secara offline.

    2. Proses yang mudah

    Jika Anda seorang pebisnis yang tengah mencari strategi marketing mudah dan simpel, maka affiliate marketing lah solusinya. Betapa tidak, Anda hanya cukup mencari seseorang yang ingin bekerja sama untuk menjualkan produk Anda.

    Sementara untuk proses pemasarannya diserahkan sepenuhnya kepada Anda sebagai pemilik produk. Prosesnya yang sangat mudah membuat Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk merancang planning strategi ini agar dapat memberikan hasil yang optimal.

    3. Jangkauan pasar lebih luas

    Pasalnya, jika seseorang yang Anda ajak kerja sama untuk mempromosikan sebuah produk itu memiliki pengikut atau fans dalam jumlah banyak, secara otomatis kemungkinan jangkau pasar produk Anda pun tentu lebih luas. Bahkan, berpotensi dari mancanegara hingga pasar bebas internasional.

    Artikel Terkait:

    2. Email Marketing

    Tren Email Marketing

    Pernahkah Anda mendapati sebuah email yang berisikan review atau penawaran terhadap suatu produk atau jasa? Nah, yang demikian itu disebut sebagai email marketing.

    Meskipun banyak orang menyebut bahwa strategi ini kurang relevan di zaman sekarang, akan tetapi pada kenyataannya tidak sepenuhnya seperti itu.

    Terbukti dari hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Demand Metric dan Data & Marketing Association (DMA) menyimpulkan bahwa email marketing memiliki ROI sebesar 122%.

    Dari persentase ini dapat diartikan bahwa lebih dari empat kali lipat saluran pemasaran lain yang dianalisis.

    Apa Tujuan Email Marketing?

    Berbeda dengan affiliate marketing, Email marketing memiliki tujuan untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui platform Gmail. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari keinginan pebisnis untuk meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya.

    Mengapa Menggunakan Email Marketing?

    Di era digitalisasi yang semakin maju, ada banyak hal yang semakin mudah dilakukan. Salah satunya memasarkan sebuah produk. Untuk Anda yang bercita-cita memajukan bisnisnya secara signifikan, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan Email marketing.

    1. Meningkatkan penjualan

    Perlu diketahui, Email marketing berkontribusi besar dalam upaya meningkatkan angka return of investment (ROI). Dengan hal ini, Anda memiliki harapan besar perihal peningkatan penjualan dari strategi bisnis yang mumpuni.

    2. Menambah traffic ke website

    Kurang afdal rasanya jika sebagai pebisnis, Anda tidak memiliki website sebagai ciri profesionalitas dan kredbilitas bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, dengan menggunakan strategi Email marketing ini dapat meningkatkan traffic website.

    Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapat keuntunggan besar melalui iklan yang dipasang.

    3. Mencari pelanggan baru

    Mempertahankan pelanggan lama memang menjadi sesuatu yang harus diperhatikan, akan tetapi mencari pelanggan baru adalah sesuatu hal krusial yang harus dilakukan.

    Sebab sebuah bisnis dikatakan berhasil bilamana mampu menyguhkan sesuatu yang dibutuhkan banyak orang dan persentase penjualan selalu meningkat secara berkala.

    Artikel Terkait:

    3. Social Media Marketing

    Pemasaran Melalui Social Media

    Bagi Anda yang memiliki usaha UMKM, strategi digital marketing UMKM ini sangat cocok Anda coba. Betapa tidak, pemasaran melalui media sosial saat ini memiliki kemungkinan berhasil yang tinggi.

    Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan dengan strategi yang satu ini dapat meningkatkan persentase penjualan.

    Tak terlepas dari itu, jika berbicara perihal sosial media itu artinya berbicara tentang dunia. Dalam artian, Anda memiliki kemungkinan target konsumen yang jauh lebih luas dibanding marketing secara offline tanpa melibatkan sosial media.

    Apa Tujuan Social Media Marketing?

    Strategi pemasaran di era digital saat ini sangat beragam, salah satunya social media marketing yang tengah digembor-gemborkan.

    Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena tujuannya untuk melakukan pemasaran melalui media sosial dengan orientasi agar mampu menarik minat masyarakat terhadap sebuah produk yang dipasarkan.

    Mengapa Menggunakan Social Media Marketing?

    Ada banyak alasan yang mendasari betapa pentingnya social media marketing bagi banyak pihak, baik individu maupun perusahaan. Dan berikut di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan strategi bisnis yang satu ini.

    1. Memperoleh target pasar yang luas

    Keberadaan media sosial yang semakin tinggi eksistensinya menuntut kita semua untuk bisa beradaptasi. Begitu juga untuk para pebisnis yang senantiasa ingin memajukan bisnisnya.

    Ketahuilah, dengan mempromosikan produk melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok itu tentu saja dapat memperluas target pasar yang sejalan dengan keinginan Anda.

    2. Mudah membangun interaksi dengan konsumen

    Bisnis tidak hanya sekadar memasarkan saja, akan tetapi diiringi juga dengan hubungan bersama konsumen. Semakin baik interaksi hubungan dengan konsumen, maka semakin bagus pula pelayanan suatu perusahaan dipandang.

    Itulah mengapa dengan melakukan social media marketing, Anda dapat membangun interaksi yang lebih baik dengan konsumen.

    3. Biaya lebih efektif

    Bisa Anda bayangkan sendiri perbedaan antara memasarkan produk secara offline dan online. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika dilihat dari efektivitas biaya, strategi marketing yang satu ini jauh lebih efektif.

    Artikel Terkait:

    4. Pay-Per-Click Marketing (Google AdWords)

    PPC Google Ads Words

    Pay-Per-Click Marketing merupakan metode yang menggunakan iklan mesin pencari yang bertujuan untuk membawa pengunjung ke situs web yang Anda miliki.

    Strategi yang satu ini bisa dibilang sebagai strategi digital marketing yang menghasilkan prospek tinggi untuk penjualan.

    Semisal, Anda memiliki bisnis “kacamata hitam di Jakarta”, pada saat orang lain memasukkan kata kunci “bisnis kacamata hitam di Indonesia” maka situs web Anda berkemungkinan besar dikunjungi oleh orang-orang yang membutuhkan infromasi tersebut.

    Apa Tujuan PPC?

    Pernahkah Anda mendengar apa itu Pay Per Click (PPC)? Salah satu model bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan angka persentase penjualan secara signifikan, membantu promosi iklan, serta menargetkan ruang lingkuo konsumen yang lebih tepat.

    Mengapa Menggunakan PPC?

    Sebagai contoh strategi pemasaran digital yang terbilang sangat ampuh, PPC memiliki beberapa manfaat luar biasa yang patut Anda pertimbangkan.

    1. ROI lebih besar

    Menjadi salah satu metode iklan terpopuler, PPC berpotensi memberikan anda ROI yang lebih besar. Cara kerjanya yang sangat mudah di mana Anda hanya cukup membayar tatkala ada seseorang yang mengklik iklan Anda.

    Sebaliknya, meskipun iklan Anda ditayangkan, Anda tidak harus membayar seseorang yang melihat iklan tersebut jika iklan itu tidak di-klik.

    2. Target konsumen yang lebih relevan

    Iklan PPC akan mengantarkan Anda pada target konsumen yang lebih relevan. Dalam artian, iklan Anda hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan. Mulai dari minat, demografi, query pencarian, dan lain-lain.

    3. Memberikan dampak positif untuk SEO

    Nah, untuk Anda yang memiliki website, PPC ini dapat memberikan dampak yang sangat positif untuk SEO website. Semisal, website Anda akan tampil pada bagian atas SERP dan traffic organic pun secara otomotasi akan Anda dapatkan.

    Artikel Terkait: 

    5. SEO (Search Engine Optimization)

    Digital Marketing SEO

    Ini dia salah satu strategi digital marketing terbaik yang berhasil membuat banyak orang meraup banyak keuntungan. Di mana web Anda akan dikunjungi banyak calon konsumen jika memiliki strategi SEO yang baik dan cemerlang.

    Untuk menunjang keberhasilan SEO ini, sebaiknya Anda menggunakan beberapa tools terbaik guna melakukan optimasi terbaik pula. Semisal, tools SEMrush, Ubersuggest, Google Keyword Planner, Ahrefs, dan masih banyak yang lainnya.

    Selain berguna untuk meningkatkan penjualan, juga dapat membuat Anda untuk melacak peringkat SERP, memantau kompetitor, serta mengetahui posisi web Anda.

    Apa Tujuan SEO?

    Tujuan utama dari penggunaan SEO yakni untuk menempatkan situs web individu maupun perusahaan agar berada di posisi teratas searh engine. Sehingga peluang mendapatkan pengunjung organic pun semakin besar kesempatannya.

    Mengapa Menggunakan SEO Sebagai Strategi Digital Marketing?

    Berbicara perihal SEO, Anda harus tahu apa saja manfaat dan beberapa alasan logis mengapa SEO menjadi strategi pemasaran digital terbaik di tahun 2022 ini.

    1. Meningkatkan brand awareness

    Tidak banyak orang tahu bahwa brand awareness menjadi bagian penting dalam sebuah bisnis, karena dengan adanya brand awareness yang baik maka terciptanya kepercayaan konsumen yang kuat dan sangat mudah bagi Anda mendapatkan konsumen baru yang jauh lebih banyak.

    2. Mampu memberikan trafik lebih stabil dalam jangka panjang

    Teknik SEO merupakan strategi marketing secara organik. Dengan demikian, dalam rentang waktu jangka panjang mampu memberikan trafik yang lebih stabil daripada trafik berbayar.

    Di mana trafik berbayar melalui Google Ads akan signifikan ketika iklannya tayang, Namun selepas itu trafiknya bisa saja menghilang. Hal tersebut sama sekali tidak terjadi pada SEO yang senantiasa memiliki stabilisasi trafik yang efektif.

    Artikel Terkait:

    6. Influencer Marketing

    Influencer Marketing

    The power of followers dan subscribers saat ini memang tengah hangat-hangatnya dibicarakan. Pasalnya, dalam sebuah penelitian mengungkap hingga 84% keberhasilan startup maupun perusahaan berasal dari influencer marketing ini.

    Sebagai milenial yang melek teknologi, hal ini tentu sudah menjadi rahasia publik. Terlebih jika influencer marketing ini menyasar pada kalangan artis yang memiliki banyak fans.

    Apa Tujuan Influencer Marketing?

    Tujuan influencer marketing adalah untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness serta target penjualan yang sesuai dengan yang diinginkan.

    Mengapa Menggunakan Influencer Marketing?

    Adapun beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan influencer marketing adalah sebagai berikut.

    1. Meningkatkan jumlah follower

    Mengingat bahwasanya seorang influncer pasti memiliki pengikut yang banyak, secara otomatis jika Anda menggunakan strategi yang satu ini maka Anda pun memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan follower yang lebih banyak pada akun media sosial bisnis yang Anda miliki.

    2. Meningkatkan brand awareness

    Seorang ifluencer tidak hanya menumbuhkan kepercayaan kepada para follower-nya, akan tetapi ia juga berusaha membuat follower-nya mengetahui apa saja keistimewaan produk yang diiklankannya serta mengingatnya.

    7. Content Marketing

    Marketing Konten

    Saat Anda terjun pada industri bisnis itu artinya Anda dituntut untuk melek akan perubahan. Karena dari tahun ke tahun strategi marketing pun pasti berubah-ubah. Ada trend konten marketing berupa video komedi, edukasi, dan lain-lain.

    Hingga saat ini, strategi digital marketing yang satu ini terbilang cukup efektif untuk memperluas target audiens yang pada akhirnya mampu mencapai target penjualan yang Anda inginkan.

    8. Retargeting Ads

    Remarketing Ads

    Pernahkah Anda sebelumnya mendengar apa itu retargeting Ads? Di mana retargeting Ads memiliki definisi sebagai sarana pemasaran yang dapat menampilkan iklan relevan yang berbeda. Cara kerja dari retargeting Ads ini pun bisa dibilang cukup mudah.

    Pada saat calon pelanggan mengunjungi web Anda, maka browser web mereka akan ditempatkan sebuah piksel (bagian JavaScript yang tidak terlihat) atau dengan kata lain browser calon pelanggan Anda di-cookie.

    Apa Tujuan Retargeting Ads?

    Retargeting Ads adalah salah satu bentuk dari online advertising yang bertujuan untuk membantu pada pebisnis agar dapat membuat merek produknya semakin di depan serta membangun trafik organic yang lebih banyak.

    Mengapa Menggunakan Retargeting Ads?

    Tidak terlepas dari tujuannya, berikut di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan retargeting Ads untuk meraup keuntungan yang lebih banyak.

    1. Meningkatkan penjualan

    Alasan utama dari retargeting Ads tentu saja untuk meningkatkan penjualan. Kelebihan digital marketing dari retargeting Ads ini terbukti kenyataannya di lapangan. Dengan sistemnya yang unik, maka semakin banyak calon konsumen yang berkunjung pada website atau akun sosial media Anda.

    2. Memperbanyak Leads

    Manfaat lainnya dari retargeting Ads yakni untuk membantu Anda memperluas dan memperbanyak leads. Di mana leads itu sendiri merupakan orang-orang yang bersedia meninggalkan kontak pribadinya. Dengan begitu, Anda akan jauh lebih mudah menjangkau mereka.

    9. Viral Marketing

    Viral Marketing

    Ketahuilah, konten viral dapat membawa banyak manfaat untuk bisnis Anda. Ssecara otomatis, semakin viral semakin banyak orang yang akan mengetahui produk atau jasa yang Anda suguhkan.

    Dengan demikian, potensi penjualan yang semakin laris bisa Anda dapatkan. Selain itu, contoh digital marketing yang sukses ini memang sudah terbukti hasilnya di industry bisnis. Tak sedikit orang-orang berlomba-lomba membuat video agar bisa viral.

    Apa Tujuan Viral Marketing?

    Tujuan utama dari strategi viral marketing ini yaitu untuk menyebarkanluaskan promosi brand atau produk secara lebih cepat melalui internet maupun berbagai sosial media platform lainnya.

    Mengapa Menggunakan Viral Marketing?

    Mengapa strategi viral marketing ini kini tengah dilakukan oleh banyak orang? Hal tersebut karena manfaat dari strategi ini pun terbilang sangat cemerlang.

    1. Mengoptimalkan jangkauan bisnis

    Ketahuilah, biasanya konten viral akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan jangkauan bisnis yang tentunya jauh lebih luas dengan target audiens yang tidak terbatas.

    2. Menghemat biaya promosi dan iklan

    Saat konten yang Anda buat menjadi viral hingga mancanegara, maka akan semakin banyak orang membagikan konten tersebut. Hal ini tentu memicu word-of-mouth marketing yang dimana mereka akan mempromosikan bisnis yang Anda miliki secara tidak langsung.

    Menguntungkan sekali, bukan?

    10. Referral Marketing

    Referral Marketing

    Strategi digital marketing terakhir adalah referral marketing. Di mana Anda menggunakan alat InviteReferrals untuk mengatur dan membantu kampanye bisnis Anda di media sosial, aplikasi, hingga situs web.

    Semakin banyak orang menggunakan InviteReferrals yang Anda punya, semakin besar pula kemungkinan Anda meraup banyak keuntungan.

    Apa Tujuan Referral Marketing?

    Strategi pemasaran digital referral marketing memiliki tujuan untuk mendorong konsumen agar mengajak konsumen baru sebanyak-banyaknya. Teknik yang satu ini dianggap ampuh karena bisa dibilang sangat menguntungkan bagi suatu perusahaan.

    Mengapa Menggunakan Referral Marketing?

    Sementara itu, referral marketing pun memiliki banyak manfaat yang tentu akan sangat menguntungkan Anda sebagai seorang pebisnis.

    1. Terciptanya social currency

    Social currency adalah pengaruh dari sebuah brand terhadap konsumennya. Dalam artian, pada saat membeli sebuah produk—konsumen tidak hanya melakukannya atas dasar kebutuhan, melainkan ingin memiliki image dari brand tersebut.

    2. Memiliki engagement bagus dengan konsumen di media sosial

    Di era digitalisasi ini tidak ada yang lebih efektif untuk mempromosikan referral program selain di media sosial.

    Oleh karenanya, dengan menciptakan referral program yang bisa diakses melalui media sosial dapat menumbuhkan engagement yang bagus dan baik antara sebuah brand dengan konsumen ataupun antara konsumen satu dengan yang lainnya.

    Kesimpulan

    Dengan demikian—secara keseluruhan, strategi digital marketing di atas tidak akan berjalan dengan baik jika Anda tidak melakukannya secara serius dan bersungguh-sungguh.

    Sebab itu, pilihlah salah satu atau beberapa strategi digital marketing terbaik yang memang sejalan dengan bisnis yang sedang Anda rintis. Hal tersebut guna meminimalisir banyaknya kerugian dan meraup banyak keuntungan.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    Artikel Terbaru

    Cara Memulai Bisnis Online

    7 Cara Mudah Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan untuk Pemula

    Kesuksesan tidak pernah mengecualikan siapapun, ia akan menghampiri orang-orang yang senantiasa ingin berusaha. Begitu pula dengan Anda jika ingin memulai bisnis dari nol dan meraup kesuksesan yang Anda inginkan. Namun, sayangnya, cara memulai bisnis bukanlah perkara yang mudah, tetapi bukan juga perkara yang sangat susah. Anda bisa mencobanya dengan mengikuti

    BACA SELENGKAPNYA »
    Pengertian Sosial Media Marketing

    Apa itu Social Media Marketing? Pengertian, Kelebihan dan Manfaatnya

    Perkembangan perabadan manusia telah sampai pada tahap digitalisasi. Masyarakat kini sangat bergantung dengan internet. Salah satu hal yang digandrungi sebagian besar pengguna intetnet adalah media sosial. Media sosial memiliki banyak jenis. Setidapknya, setiap orang memiliki tiga jenis media sosial di smartphone mereka. Di Indonesia sendiri, tingkat Penetrasi Internet Indonesia Urutan

    BACA SELENGKAPNYA »
    Pengertian Email Marketing

    Panduan Email Marketing: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Suksesnya

    Apa itu Email Marketing? Diantara banyaknya strategi digital marketing yang saat ini tengah banyak digunakan orang-orang, tahukah Anda bahwa Email Marketing menjadi salah satu model bisnis yang terbilang cukup efektif untuk meningkatkan persentase penjualan? Di samping itu, pernahkah Anda mendengar apa itu pengertian Email marketing? Ya, Email marketing adalah salah

    BACA SELENGKAPNYA »
    Pengertian Lengkap Affiliate Marketing

    Apa Itu Affiliate Marketing? Berikut Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya!

    Pernahkah Anda memikirkan sepintas apa itu pengertian affiliate marketing? Di tengah hiruk pikuk kemajuan teknologi yang semakin pesat, bisnis affiliate marketing saat ini tengah hangat dibicarakan banyak kalangan. Hal ini tentu saja karena keuntungan yang didapatkan bernilai cukup besar. Affiliate marketing adalah model periklanan yang di mana suatu perusahaan bekerja

    BACA SELENGKAPNYA »
    Penjelasan Brand Awareness

    Brand Awareness: Pengertian, Fungsi, dan Strategi Terbaru

    Perkembangan teknologi yang semakin pesat memperketat persaingan di dunia bisnis. Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa citra suatu brand sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan produk. Nah, di era sekarang ini, Anda pasti pernah mendengar sepintas apa yang disebut brand awareness bukan? Di mana brand awareness atau yang lebih dikenal dengan sebutan

    BACA SELENGKAPNYA »